Jenis dan Harga Pipa Air

Membangun rumah yang layak huni, haruslah dirancang dan ditata dengan baik. Termasuk menata sistem saluran air. Biasanya saluran air ini terdiri dari dua subsistem yang mana satu subsistem berfungsi untuk membawa air bersih, dan yang lainnya berfungsi sebagai pembuangan limbah. Semua komponen saluran air ini harus dirancang dengan tepat menggunakan pipa air yang baik dan memiliki harga pipa air yang terjangkau. Berikut penjelasan detailnya.

Jenis Pipa Air Beserta Kelebihan Dan Harganya

1. Pipa PVC Dan CPVC

Pipa air PVC merupakan salah satu jenis pipa yang sangat populer digunakan untuk saluran air di rumah. Pipa ini disebut dengan PVC karena diproses dari bahan polivinil klorida dan termasuk salah satu polimer termoplastik. Bahan baku pipa PVC ini diklaim tidak mengandung zat berbahaya, sehingga aman digunakan. Pipa jenis ini sering kali dipakai untuk saluran distributor air yang bersih. Pipa ini memiliki harga yang terjangkau.

Pipa CPVC (Chlorinated Polyvinyl Chloride) adalah jenis pipa yang memiliki keunggulan tahan panas. Pipa jenis ini sangat tebal dan memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap perubahan suhu tinggi. Bahkan pipa CPVC mampu menahan suhu hingga lebih dari 1800° C, oleh sebab itu harga pipa air ini sangat terjangkau. Pipa air CPVC yang biasa disebut juga dengan pipa schedule ini biasanya memiliki warna oranye.

2. Pipa Air HDPE

Jenis pipa air yang selanjutnya adalah pipa HDPE (High Density Polyethylene). Pipa HDPE merupakan jenis pipa polietilena dengan densitas tinggi dan terbuat dari bahan termoplastik yang tidak mengandung zat berbahaya. Keunggulan pipa jenis HDPE ini adalah kuat, lentur, tidak mudah rusak, serta antikarat. Tak hanya itu, pipa jenis ini diklaim memiliki bahan dasar yang aman ketika digunakan.

Karena keunggulannya yang non-toxic serta memiliki elastisitas yang tinggi, pipa jenis ini sangat cocok digunakan sebagai pipa saluran air bersih. Pipa HDPE yang aman juga sangat ideal untuk menyalurkan air konsumsi rumah tangga. Menurut penelitian, pipa jenis ini juga memiliki tingkat keawetan yang kuat dengan harga pipa air yang murah. Usia penggunaan pun juga terbilang sangat panjang, yakni dengan kisaran jangka waktu selama 50 tahun.

3. Pipa Air PP-R

Pipa PP-R memiliki arti singkatan Polypropylene-Random. Berbeda dengan jenis pipa PVC, bahan pipa PP-R terbuat dari plastik yang berbahan dasar minyak bumi dengan karakter unik. Pipa PP-R yang identik dengan warna hijau memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi dan rendah, serta tahan terhadap tekanan yang tinggi. Hal ini membuat pipa jenis PP-R ini sangat cocok digunakan untuk mengalirkan air panas dan air dingin.

Pipa PP-R memiliki keunggulan lain, yakni kemampuan tahan terhadap kontaminasi bahan kimia dan antikarat serta bebas bocor. Hal ini menjadi alasan pipa PP-R aman dipakai untuk mengalirkan air siap minum maupun irigasi. Pipa PP-R biasanya juga digunakan sebagai pengganti pipa logam yang korosif. Anda bisa menggunakan jenis pipa ini sebagai saluran air panas atau dingin karena memiliki harga pipa air yang sangat terjangkau.

Saluran air merupakan poin terpenting yang harus dimiliki setiap rumah. Saluran air ini memiliki beberapa fungsi yang penting seperti, mampu mengantarkan air hujan, mengaliri air bersih yang bermanfaat, membuang limbah rumah tangga, dan sebagainya. Untuk itu, memilih pipa saluran air yang berkualitas adalah sebuah keharusan. Ada banyak sekali pilihan pipa dengan kualitas terbaik yang tentunya dapat meningkatkan fungsi air di rumah.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *